Selasa, 26 Mac 2013

RPP MATEMATIKA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah      : SMA –
Mata Pelajaran     : Matematika
Kelas / Semester  : XI / 2
Rayon                  : -

Standar Kompetensi      : ALJABAR
          4. Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.
Kompetensi Dasar         :
          4.1 Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian.
Indikator              :
1.    Menentukan derajat dan koefisien-koefisien tiap suku dari sukubanyak serta mengidentifikasi bentuk matematika yang merupakan sukubanyak.
2.    Menentukan nilai dari suatu sukubanyak dengan menggunakan cara substitusi langsung dan skema.
3.    Menyelesaikan operasi antar sukubanyak yang meliputi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian  sukubanyak.
4.    Menentukan koefisien yang belum diketahui nilainya dari dua sukubanyak yang sama.
5.    Menentukan hasil bagi dan sisa pembagian dari pembagian sukubanyak oleh bentuk linear atau kuadrat serta menentukan derajat hasil bagi dan sisa pembagiannya dengan menggunakan cara pembagian sukubanyak bentuk panjang dan sintetik (Horner).
Alokasi Waktu      :
          6 X 45 menit (3 X pertemuan)
I.             Tujuan Pembelajaran
a. Peserta didik dapat menentukan derajat dan koefisien-koefisien tiap suku dari sukubanyak serta mengidentifikasi bentuk matematika yang merupakan sukubanyak serta menentukan bentuk matematika yang merupakan sukubanyak. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
b. Peserta didik dapat menentukan nilai dari suatu sukubanyak dengan menggunakan cara  substitusi langsung dan skema. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
c. Peserta didik dapat menyelesaikan operasi antar sukubanyak yang meliputi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sukubanyak. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
d.Peserta didik dapat koefisien yang belum diketahui nilainya dari dua sukubanyak yang sama. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
e. Peserta didik dapat menentukan hasil bagi dan sisa pembagian dari pembagian sukubanyak oleh bentuk linear atau kuadrat serta menentukan derajat hasil bagi dan sisa pembagiannya dengan menggunakan cara pembagian sukubanyak bentuk panjang dan sintetik (Horner). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
Karakter siswa yang diharapkan  : 
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, hormat, tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri,Keorisinilan. Disiplin ( Discipline )
II.           Materi Pembalajaran
1.    Pengertian dan komponen sukubanyak
2.    Operasi aljabar sukubanyak
3.    Kesamaan sukubanyak
4.    Nilai sukubanyak
5.    Pembagian bersusun dan sintetik sukubanyak
III.         Model dan Metode Pembelajaran
1.    Model Pembalajaran          : Directive Learning ( Pembalajaran Langsung).
2.    Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya-jawab, resitasi.
IV.         Srategi Pembelajaran
Pertemuan I
Pendahuluan
          Apersepsi    :        
          Motivasi      : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menentukan derajat dan koefisien-koefisien tiap suku dari sukubanyak,  mengidentifikasi bentuk matematika yang merupakan sukubanyak, dan menentukan nilai dari suatu sukubanyak dengan menggunakan cara substitusi langsung dan skema.
          Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
ü  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara menentukan derajat dan koefisien-koefisien tiap suku dari sukubanyak ,mengidentifikasi bentuk matematika yang merupakan sukubanyak, dan cara menentukan nilai dari suatu sukubanyak dengan menggunakan cara substitusi langsung dan skema kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Mathematics XI 2 science program, Yudhistira);
ü  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan derajat dan koefisien-koefisien tiap suku dari sukubanyak, menentukan bentuk matematika yang merupakan sukubanyak, dan menentukan nilai sukubanyak dengan menggunakan cara substitusi langsung dan skema.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
ü Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menetukan derajat dari sukubanyak dan koefisien-koefisien tiap sukunya, mengenai cara menentukan nilai sukubanyak dengan substitusi langsung, mengenai cara menentukan nilai sukubanyak dengan cara skema.
ü Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penentuan derajat sukubanyak dan koefisien-koefisien tiap suku suatu sukubanyak, mengenai penyusunan sukubanyak berdasarkan derajatnya, dan pengidentifikasian bentuk matematika yang merupakan sukubanyak dan cara menentukan nilai sukubanyak dengan substitusi langsung atau dalam buku paket sebagai tugas individu.
ü Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari dalam buku paket.
ü Peserta didik mengerjakan beberapa soal Latihan dalam buku paket sebagai tugas individu.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
ü  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui.
ü  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
          Penutup
ü  Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai cara menentukan derajat dan koefisien-koefisien tiap suku dari sukubanyak, mengidentifikasi bentuk matematika yang merupakan sukubanyak, dan menentukan nilai sukubanyak dengan substitusi langsung dan skema.
ü  Peserta didik dan guru melakukan refleksi
ü  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan pengertian sukubanyak (derajat dan koefisien-koefisien tiap suku), pengidentifikasian bentuk matematika yang merupakan sukubanyak , dan penentuan nilai sukubanyak dengan substitusi langsung dan skema dari Latihan soal yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.
Pertemuan II
          Pendahuluan
Apresiasi :   Mengingat kembali mengenai pengertian sukubanyak dan cara menentukan nilai sukubanyak.
                             -Membahas PR.
Motivasi :     Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menyelesaikan operasi antar sukubanyak yang meliputi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sukubanyak dan menentukan koefisien yang belum diketahui nilainya dari dua sukubanyak yang sama.
          Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
ü  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara menyelesaikan operasi antar sukubanyak meliputi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sukubanyak serta cara menentukan koefisien yang belum diketahui nilainya dari dua sukubanyak yang sama, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
ü  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menyelesaikan operasi antar sukubanyak meliputi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sukubanyak serta cara menentukan koefisien yang belum diketahui nilainya dari dua sukubanyak yang sama
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
ü  Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai operasi penjumlahan dan pengurangan sukubanyak, perkalian sukubanyak, mengenai penentuan koefisien yang belum diketahui nilainya dari dua sukubanyak yang sama.
ü  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai cara menyelesaikan operasi antar sukubanyak meliputi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian, serta kesamaan sukubanyaksebagai tugas individu.
ü  Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal.
ü  Peserta didik mengerjakan beberapa soal Latihan dalam buku paket mengenai cara menyelesaikan operasi antar sukubanyaksebagai tugas individu.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
ü  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui.
ü  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Penutup
ü  Peserta didik membuat rangkuman dari materi cara menyelesaikan operasi antar sukubanyak dan kesamaan sukubanyak.
ü  Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
ü  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi cara menyelesaikan operasi antar sukubanyak dan kesamaan sukubanyak.
Pertemuan III
          Pendahuluan
          Apersepsi    : Mengingat kembali mengenai pengertian sukubanyak dan membahas PR.
          Motivasi      : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menentukan hasil bagi dan sisa pembagian dari pembagian sukubanyak oleh bentuk linear atau kuadrat serta menentukan derajat hasil bagi dan sisa pembagiannya dengan menggunakan cara pembagian sukubanyak bentuk panjang dan sintetik (Horner).
          Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
ü  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara menentukan hasil bagi dan sisa pembagian dari pembagian sukubanyak oleh bentuk linear atau kuadrat serta menentukan derajat hasil bagi dan sisa pembagiannya dengan menggunakan cara pembagian sukubanyak bentuk panjang dan sintetik (Horner), kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
ü  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan  hasil bagi dan sisa pembagian dari pembagian sukubanyak oleh bentuk linear atau kuadrat serta menentukan derajat hasil bagi dan sisa pembagiannya dengan menggunakan cara pembagian sukubanyak bentuk panjang dan sintetik (Horner).
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
ü  Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai cara menentukan hasil bagi dan sisa pembagian dari pembagian sukubanyak oleh bentuk linear dengan menggunakan pembagian bentuk panjang, menentukan hasil bagi dan sisa pembagian dari pembagian sukubanyak oleh bentuk kuadarat dengan menggunakan pembagian bentuk panjang, menentukan hasil bagi dan sisa pembagian dari pembagian sukubanyak oleh bentuk linear menggunakan cara sintetik  (Horner), menentukan hasil bagi dan sisa pembagian dari pembagian sukubanyak oleh bentuk kuadrat menggunakan cara sintetik  (Horner).
ü  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai cara menentukan hasil bagi dan sisa pembagian dari pembagian sukubanyak oleh bentuk linear dan kuadarat dengan menggunakan cara pembagian sukubanyak bentuk panjang dan sintetik (Horner) sebagai tugas individu.      
ü  Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
ü  Peserta didik mengerjakan beberapa soal Latihan dalam buku paket mengenai pembagian sukubanyak bentuk panjang dan mengenai pembagian sukubanyak cara sintetik (Horner) sebagai tugas individu.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
ü  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui.
ü  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui
Penutup
ü  Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai cara menentukan  hasil bagi dan sisa pembagian dari pembagian sukubanyak oleh bentuk linear atau kuadrat serta menentukan derajat hasil bagi dan sisa pembagiannya dengan menggunakan cara pembagian sukubanyak bentuk panjang dan sintetik (Horner).
ü  Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
ü  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai cara  menentukan hasil bagi dan sisa pembagian dari pembagian sukubanyak oleh bentuk linear atau kuadrat serta menentukan derajat hasil bagi dan sisa pembagiannya dengan menggunakan cara pembagian sukubanyak bentuk panjang dan sintetik (Horner), dari soal-soal yang belum terselesaikan di kelas, Latihan soal, atau dari referensi lain.
V.           Sumber / Alat / Bahan Belajar
Sumber
- Buku paketyaitu buku Mathematics for senior high school year XI (science Program)
- Buku LKS
- Buku referensi lain.
Alat :
-       Laptop
-       LCD
-       OHP
VI.         Penilaian
Teknik                     :      tugas individu.
            Bentuk Instrumen    :      uraian singkat.
Contoh Instrumen    :     

1.     Tentukan derajat  beserta dengan koefisien-koefisien dan konstanta yang ada pada sukubanyak berikut:
    a.    .
    b.    .
    c.    .

2.        Tentukan bentuk matematika berikut merupakan sukubanyak atau bukan:
a..
b.                .

3.      Diketahui sukubanyak  dan . Tentukan:
            a.           dan derajatnya,
            b.    dan derajatnya,
            c.    dan derajatnya.

4.        Tentukan nilai p dari kesamaan sukubanyak berikut.
      

5.     Tentukan hasil bagi dan sisa pembagian serta derajatnya pada pembagian sukubanyak berikut dan nyatakan hasilnya dalam bentuk persamaan dasar pembagian:
    a.     dibagi oleh .
    b.    dibagi oleh  .
          c.     dibagi oleh .

                                                            Medan, ........................2013
Mengetahui
Kepala Sekolah                             Guru Mata Pelajaran Matematika


(                                 )                           (                               )
NIP : -                                                      NIP : -

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Catat Ulasan